APA HEBATNYA JABON?

Jabon sangat bagus dibikin mebel,konstruksi ringan,kayu lapis,peti kayu,sumpit,tusuk gigi dan sebagainya

Rabu, 29 September 2010

Proses pengkerdilan bibit jabon

Posted on 18.57 by ARDHA P


Seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya ,yaitu tentang proses pengkerdilan jabon beserta keuntungan dan kelemahannya.karena ada salah satu blog yang menunggulkan tentang pengkerdilan ,tetapi tidak menjelaskan bagaimana proses pengkerdilan tersebut bias dilakukan,dan juga tidak diulas kelemahannya. Seperti yang saya tulis di artikel lalu bahwa pengkerdilan memiliki keuntungan antara lain :
# memperkuat batang tanaman sehingga tidak memerlukan ajir
# batang tanaman menjdai kekar,untuk dikirim jarak jauh tidak terlalu layu
Sedangkan kelemahannya adalah bahwa setelah ditanam ,tanaman yang dikerdilkan tidak langsung bersemi tunas yang baru,melainkan harus menunggu pengaruh obat tersebut hilang,sedangkan yang tidak dikerdilkan dalam waktu tidak berapa lama tunasnya langsung muncul karena tidak terkena obat pengkerdil.

Mengenai konsumen silahkan memilih antara bibit jabon yang dikerdilkan dengan yang tidak dikerdilkan
Mengenai proses pengkerdilan yang perlu disiapkan adalah fungisida sistemik,yaitu fungisida yang menyerap melalui batang dan stomata daun tanaman,fungisida ini biasanya digunakan dalam penanaman cabai sehingga daun mengkeriting,tebal dan tahan terhadap patek ( antraknosa )
Pestisida ini memiliki merk dagang ‘FILAN’’ DAN ‘’ANVILL’’. KARENA KAMI TELAH MENGUJI DENGAN FUNGISIDA TERSEBUT, SEDANGKAN  MERK LAIN SEPERTI ‘’’’’’MAKOZEB ,DANVILL ‘’ dsb belum pernah kami coba ,tapi menurut sebagian rekan yang pernah mencoba juga bias,walaupun dalam dosis yang tidak tepat menyebabkan daun jabon terkena bercak coklat.
Penggunaan fungisida sistemik tersebut dengan dosis 1 cc per liter air,atau satu tutup botol per tangki ukuran 15 liter, penyemprotan dilakukan pada pagi atau sore hari setelah bibit jabon berukuran 20 cm keatas.penyemprotan dilalukan 7 atau 10 hari sekali.dan lihatlah hasilnya maka daun jabon akan mengkeriting dan batang menjadi hijau kekar,tetapi pertumbuhan tunasnya terhambat.anda bisa berkreasi sendiri dengan dosis dan waktu penyemprotan. selamat mencoba!

BAGI REKAN YANG BERDOMISILI DI WILAYAH JAUH,DAN INGIN MENCOBA TANAM JABON KAMI SEDIAKAN BIBIT JABON CABUTAN dan biji jabon asli,bibit jabon cabutan kami,terakhir kami kirim ke pulau batam pada hari senin dan kamis sampai ,ternyata kerusakan dalam perjalanan 4 hari tidak sampai 5 persen,dan kami beri cadangan! solusi kami bagi anda yang ingin hemat walau lokasi jauh.siapkan dulu polybag ukuran 10x12 cm,diisi media tanah dan kompos,siapkan juga paranet untuk menghindari panas.setelah bibit datang segera pindahkan di pagi atau sore hari,siram 2 x sehari.semprot fungisida 4 hari sekali dan beri npk 4 hari setelah tanam,paranet bisa dibuka setelah hari ke-10.selamat mencoba

1 Response to "Proses pengkerdilan bibit jabon"

.
gravatar
Arif Says....

Kalau ditanam di Kendal yang air tanahnya dangkal, mending mana yang normal atau yang dikerdilkan?

Leave A Reply

silahkan komment disini,gratis.segala komennta yang bersifat SARA atau FITNAH akan kami Deleate